ARTIKEL

Memprediksi Prospek Sebuah Bisnis Online

Memiliki kemampuan untuk memprediksi atau melihat kedepan prospek sebuah bisnis afiliasi/reseller merupakan salah satu faktor yang bisa mendukung kesuksesan Anda di bisnis ini.

Setelah punya pengalaman bertahun-tahun menjalani beberapa bisnis online, seperti bisnis reseller, mesin uang, networking, investasi, iklan viral, bisnis club dan model bisnis online lainnya. Akhirnya saya punya juga "good feeling" atau "instinct" yang cukup ampuh dalam menilai prospek sebuah bisnis online yang saya temui, atau bisnis afiliasi/reseller yang baru saja di launching.

Kemampuan "good feeling" atau "instinct" ini cukup bisa diandalkan untuk menilai apakah bisnis online yang baru saya temui apakah memiliki propek yang menjanjikan atau tidak. Selain itu saya juga mulai bisa menilai apakah bisnis online tersebut punya peluang untuk menjadi SCAM alias penipuan atau merupakan sebuah bisnis internet yang benar-benar AMAN.

Dulu waktu masih baru mulai, Saya belum pengalaman dan belum punya "good feeling" atau "instinct" ini, saya sempat beberapa kali terjerumus di bisnis afiliasi/reseller yang umurnya pendek dan juga sempat terjebak di bisnis yang berakhir dengan SCAM atau penipuan.

Sekarang jika saya menemukan sebuah bisnis online yang baru dilaunching atau masuk ke situs yang mengklaim menyediakan program afiliasi/reseller, Saya gunakan "good feeling" atau "instinct" ini.

  • Saya akan melihat dulu dari produk yang disediakan. Kira-kita produknya dibutuhkan oleh banyak orang atau tidak.
  • Saya lihat juga sistem atau cara kerja bagaimana nantinya member bisa menghasilkan income dari bisnis ini. Perlu dinilai apakah sistem atau cara kerjanya wajar alias masuk akal.
  • Saya lihat salles letter atau surat penjualannya, apakah menarik atau tidak.
  • Saya lihat profil admin atau penggelolanya. apakah menampilkan alamat2 jelas seperti email, kantor/rumah, no telepon, dan apakah berani menampikan foto dirinya.
  • Saya lihat berapa jumlah member aktif yang sudah bergabung dan dibandingkan dengan berapa lama umur bisnis tersebut sudah berjalan. Ingat member aktif lho, jangan hitung member free yang sudah join.
  • Saya lihat bonus-bonus penghasilan yang dijanjikan, apakah wajar atau tidak.

- Jika sebuah bisnis afiliasi/reseller yang baru saya temui kah memiliki prospek yang menjanjikan atau punya masa depan yang bagus biasanya saya akan langsung join. Tapi jika prospeknya saya nilai tidak bagus atau bahkan berpotensi menjadi program SCAM/penipuan maka dijamin saya tidak akan ikut.

- Jika jumlah pertumbuhan member di Bisnis afiliasi/reseller tersebut kurang dari 1 orang perhari atau 30 orang perbulan, artinya belum tentu dapat 1 member baru atau 1 penjualan setiap hari. Berarti bisnis afiliasi/reseller tersebut kurang diminati atau produknya kurang laku atau pertumbuhannya sangat lambat. Dengan demikian jika kita bergabung maka akan cukup sulit bagi kita untuk menghasilkan penjualan dari bisnis resellernya atau sulit mendapatkan downline lewat bisnis ini. Jika anda memang tidak membutuhkan produk atau jasa dari bisnis afiliasi/reseller ini maka saran saya tidak usah join saja.

Saya pernah hampir bergabung di sebuah bisnis afiliasi yang sebenarnya produknya cukup menarik buat saya. Tapi tunggu dulu setelah saya lihat di statistiknya, ternyata baru mempunyai member aktif 80-an orang padahal sudah berjalan lebih dari 6 bulan. Artinya pertumbuhan member/order produknya kurang dari 1 penjulan per hari. Well saya pun akhirnya batal bergabung karena sudah jelas bisnis ini pertumbuhanya sangat lambat. Dan benar juga perkiraan saya, karena pertumbuhannya yang lambat itulah sekitar setahun kemudian setelah sewa domain dan hosting situs tersebut habis, maka umur situs bisnis online tersebut berakhir. Karena pertumbuhanya tidak bagus itulah tentu membuat admin/penggelolanya menutup bisnis itu, dan pastinya hal ini sangat mengecewakan bagi para membernya.

Melihat ditutupnya bisnis afiliasi/reseller ini saya sempat bertanya-tanya, kenapa bisa begitu ya?. Masalahnya bisnis online tersebut sangat menarik dan produknya cukup diminati. Kemudian saya perkirakan kemungkinan besar masalahnya karena admin atau penggelolanya kurang gencar melakukan promosi atau para membernya juga tidak rajin promosi. Bisa jadi member-member atau para resellernya pada malas melakukan promosi karena di situs itu digembar-gemborkan bahwa dengan sistem acak/randomiser atau sistem spillover dan atau blablabla.. yang berlebihan, yang menjanjikan bahwa member bisa memperoleh member downline tanpa promosi.

- Jika admin atau pengelola berkoar-koar situs bisnis menjanjikan Anda tetap bisa sukses tanpa promosi, tanpa merekrut downline, tanpa menjual, tanpa mencari member dan cukup join duduk diam dapat duit. Ini merupakan janji-janji yang menyesatkan dan berbahaya karena menyebabkan para membernya jadi malas melakukan promosi, member jadi malas mencari downline karena terbuai dengan janji muluk-muluk ini. Ingat kan cerita saya tentang nasib bisnis afiliasi/reseller berumur pendek diatas.

Bagaimanapun kunci kesuksesan no 1 di bisnis online adalah pada kemampuan dan kesungguhan dalam melakukan promosi promosi dan promosi. Dan yang pasti adalah jangan pernah ingin untuk mendapatkan hasil secara instan. Karena hasil itu butuh usaha dan proses. Seperti yang dibilang para pebisnis dunia : "NO PAIN NO GAIN"

Jangan terpikat untuk join di bisnis online yang berkoar-koar menjanjikan Anda tetap bisa sukses tanpa promosi, tanpa merekrut downline, tanpa mencari member, tanpa menjual dan cukup join duduk diam dapat duit.

· Jika bisnis online tersebut menjanjikan buanyak bonus penghasilan, jangan terpukau dengan banyaknya bonus seperti bonus prestasi, bonus deviden, bonus royalti, bonus jaringan, bonus reseller dan bonus-bonus lainnya. Saya justru menilai janji-janji pemberian bonus yang sangat buanyak dan tidak wajar justru perlu dicurigai. Saya pernah join di bisnis model seperti ini yang juga menjanjikan banyak bonus seperti diatas pada akhirnya justru tidak membayar SAMA SEKALI dan merupakan bisnis SCAM alias penipuan. Bisnis SCAM yang telah menipu saya tersebut adalah Investasiplus.com

· Kecuali Anda sudah mengenal atau sangat mempercayai komitmen dan kejujuran admin atau penggelolanya, maka sebisa mungkin pilihlah bisnis online yang menerapkan "Direct Payment System" atau sistem pembayaran langsung ke reseller atau afiliasinya. Dan Hindari Bisnis Online yang MENGATAKAN: "Silahkan transfer BIAYA keseluruhan PENDAFTARAN KE REKENING PENGELOLA" atau "KOMISI ANDA AKAN DITRANSFER OLEH ADMIN" atau "NANTI KOMISI/BONUS/PENGHASILAN UNTUK UPLINE/SPONSOR BIAR ADMIN SAJA YANG MENTRANSFERNYA"

Mungkin pada awalnya, ADMIN memberikan BONUS/PENGHASILAN/KOMISI sesuai yang dijanjikan pada Anda, lalu setelah beberapa lama, ternyata komisi lebih banyak di PENDING alias DITAHAN dulu. Jatah BONUS/KOMISI/PENGHASILAN Anda akhirnya lama-lama tidak pernah dibayarkan lagi sama sekali.

CATAT BAIK-BAIK : "Bisnis Online yang SEMUA aliran transfer UANGnya harus MELALUI ADMIN/PENGGELOLA alias tidak menerapkan "Direct Payment System" Selalu "BERPOTENSI MENJADI SCAM ALIAS TIDAK MEMBAYAR" karena dengan SISTEM tersebut membuat UANG jatah member bisa di "utak-atik" oleh keserakahan/ketamakan ADMIN yang TIDAK JUJUR."

Sebenarnya bisnis yang berakhir dengan penipuan atau SCAM bukan hanya "monopoli" di "dunia maya" atau di internet saja, tapi juga banyak terjadi di "dunia nyata" atau offline. Bahkan penipuan di bisnis offline kadang nilai uangnya lebih gila-gilaan. Agar tidak terjerumus di bisnis SCAM sekaligus bisa Sukses berbisnis dan menghasilkan income melimpah adalah kemauan dan tekad untuk terus belajar, terus mencoba dan mau "mendengarkan" pengalaman orang-orang yang pernah gagal maupun yang pernah menjalaninya dengan sukses atau berhasil.

Sekian dulu, semoga bermanfaat salam untuk orang-orang tercinta anda, dan salam sukses untuk anda

Di dunia internet sekarang layanan gratis sudah sangat jamak.

Email gratis, bikin blog gratis, chatting gratis, telpon-telponan gratis, liat peta dunia gratis.. dan sebagainya. Mungkin salah satu yang masih cukup jarang kedengaran adalah hosting web gratis. Dulu hosting web ini sempat sangat populer di akhir 90-an. Ada Geocities, Tripod, Homestead, banyak deh. Sekarang beberapa layanan itu masih tetap hidup. Tapi ada kekurangan dari layanan-layanan tersebut, yaitu kita cuma bisa memasukkan halaman statik, tidak dinamik. jadi ya gak bisa bikin forum atau blog (kecuali mau ngedit file HTML-nya ampe mampus).

Namun ternyata, hosting web gratis tidak hanya terbatas di layanan seperti di atas. Ternyata banyak hosting gratis yang memungkinkan kita menjalankan script PHP, ASP, Perl, dan sebagainya lengkap dengan tersedianya basis data MySQL. Meski penampilannya (sangat) tidak meyakinkan, mendekati situs-situs yang penuh penipuan. Tapi karena tertarik, saya coba dan ada beberapa yang jalan.

Mungkin ini bisa jadi sebuah alternatif buat pada blogger untuk membuat blognya sendiri tanpa keterbatasan yang dimiliki oleh Wordpress.com, Blogsome, Blogger, dan sebagainya. Seperti kita ketahui, layanan gratis tersebut banyak keterbatasannya. Misalnya di Wordpress.com, kita tidak bisa menambahkan plugin dan membuat theme sendiri. Kostumisasi sangat sulit. Blogsome juga setali tiga uang. Meski bisa membuat tampilan sendiri, memasang plugin harus pakai akal-akalan dan satu hal yang tidak saya suka, masih menggunakan Wordpress versi lama.

Tapi tunggu dulu, seperti layanan gratis lainnya, situs-situs ini memiliki beberapa kekurangan tentunya. Pasti ada sebuah harga yang harus dibayar untuk sebuah layanan gratis seperti ini. Layanan-layanan ini kebanyakan (atau sejauh ini yang berhasil saya temukan berjalan dengan baik) menambahkan iklan di bagian atas halaman kita, apapun halaman itu. Ya.. namanya juga gratis.

Tapi meskipun ada iklan itu, janji-janji situs ini boleh juga. Kapasitasnya boleh dibilang banyak dalam satu account. Ada yang 100 MB, 300 MB, bermacam-macam. Terus bandwith per bulannya juga lumayan besar, ada yang 2 GB, 5GB, bahkan 20 GB. Saya belum menguji mengenai kapasitas ini, tapi tawarannya boleh juga gak sih?

Dari beberapa situs yang menawarkan layanan ini, ada satu yang saya coba sebagai sampel:

Serverheaven

Layanan ini baru saya coba kemarin. Fasilitas yang disediakan adalah ruang sebesar 200 MB, Bandwith 10 GB, dukungan CGI, PHP, SSI, FrontPage Extensions, Perl, Memiliki CPanel, dan akses melalui FTP dan Browser. Iklan ada, berupa banner Google Adwords di atas situs. Saya mencoba untuk melakukan instalasi Wordpress di sana, dan banner tersebut dapat terlihat seperti di kiri. Tambahan, mungkin kalau ada yang ingin eksplorasi untuk menghilangkan Banner tersebut, banner tersebut dibangkitkan oleh program JavaScript. Jadi jika JavaScript di Browser dimatikan, banner tersebut tidak ada. Ada yang tau caranya mematikan JavaScript yang dijalankan daris sisi server? Haha.. Tapi jangan ah, itu kan sumber pendapatan dia. Selain situs ini, saya sempat mencoba OpenSwarm, 275mb, ByteHost. Untuk OpenSwarm dan 275Mb, bannernya terlalu besar, bahkan lebih besar dari ServerHeaven. Untuk ByteHost, ternyata setelah beberapa hari saya bisa login ke panelnya, namun sampai saat ini saya belum mencobanya. Panelnya sih bagus. Buat yang tertarik, sepertinya situs ini layanannya bagus. Oh iya, yang penting buat dia kalo ngedaftar tidak menggunakan email gratisan seperti Yahoo!, Gmail, dan Hotmail.Oh iya selain situs di atas, ada beberapa situs yang ketika saya mencoba mendaftar, tidak mau menerima saya, karena dia melihat IP dan tidak mau menerima IP di luar daerah yang dia tangani. Jadi layanannya terbatas. Jadi kesimpulan saya dari hasil perjalanan ke situs-situs ini, hosting web gratis kebanyakan tidak meyakinkan. Memberi janji-janji tinggi, tapi layanannya tidak bagus. Dan lagi, situs anda akan dipenuhi oleh iklan-iklan yang ukurannya sangat besar. Beberapa situs yang menjanjikan tidak ada iklan malah tidak bisa mendaftar. Saya pribadi lebih memilih layanan yang berbayar. Saya cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh tempat hosting saya sekarang. Kalau mau bikin blog sederhana saja, cukup mendaftar ke layanan-layanan seperti yang saya sebutkan di atas. Forum juga begituAda yang punya pendapat lain? Mungkin kalau ada yang mau lihat-lihat mengenai daftar layanan gratis ini atau layanan gratis lain, kunjungi aja TheFreeSite. Lumayan kok, situs ini sudah ada lama banget, dan cukup up to date.

Winning The Game in The

Pernahkah anda memainkan permainan Monopoly? Permainan finansial yang sangat sederhana. Setiap pemain memiliki modal uang dalam jumlah yang sama dan juga kesempatan yang sama untuk menang. Permainan ini adalah simulasi dari bisnis properti di dunia nyata. Para pemain dilatih dalam membuat keputusan-keputusan finansial. Seperti; kapan waktu membeli, menahan dan menjual. Juga melatih kecerdasan emosional dalam menerima tagihan, utang, munculnya angka dadu atau kartu yang tidak diharapkan dan juga menghadapi kekalahan dan kemenangan. Tak ketinggalan kecerdasan spiritual juga dilatih untuk mempertahankan permainan tetap bersih dari penyimpangan dan kecurangan. Monopoly banyak mengajarkan hal penting untuk bagaimana bisa menjadi kaya. Salah satu pelajaran yang terpenting dan justru yang paling banyak di langgar orang yang ingin menjadi kaya adalah: Dunia orang kaya adalah DUNIA TANPA GAJI!!! Monopoly mengajarkan kita untuk memiliki konsep berpikir Return (nilai kembalian), bukan Salary (gaji/upah). Karena itu kosa kata yang digunakan orang kaya berbeda dengan orang miskin. Orang kaya bicara return, laba, investasi, target, tim, partnership, kas, peluang, produk, jaringan. Orang miskin bicara gaji, lembur, pangkat/golongan, jenjang pendidikan, gelar akademis, bonus, honor, subsidi. Dalam tindakan, orang kaya juga berbeda dengan orang miskin. Orang kaya adalah orang yang bersedia gagal sedikit setiap hari dengan mencoba melakukan hal-hal yang baru dan sedikit beresiko. Sementara orang miskin cenderung menghindar untuk melakukan hal-hal baru karena beresiko dan takut gagal. Padahal internet, listrik dan lampu misalnya, sebelumnya juga merupakan produk yang telah pernah melewati proses puluhan, ratusan bahkan ribuan kali eksperimen gagal! Kabar baiknya adalah: Sekarang anda dapat kembali memainkan permainan orang-orang paling kaya di dunia melalui internet ini. Internet sebagai papan permainan terbesar di dunia, telah terhubung dengan milyaran orang, terbuka selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Menggunakan uang yang sesungguhnya dan kekayaan yang benar-banar nyata, asli mengalir ke rekening bank anda. Dengan menjadi Pemain di permainan finansial terbesar dan terluas ini, anda bisa menjadi kaya sambil bersenang-senang. Learning by Doing. Belajar sambil melakukan. Sekali anda berhasil menguasai permainan ini, bisnis apapun yang sedang anda jalankan atau yang akan anda jalankan, menjadi lebih sukses dengan mudah. Karena itulah orang kaya itu semakin kaya. Setelah anda kaya, menjadi lebih kaya itu gampang.

No comments:

Post a Comment