IDE-IDE USAHA ONLINE

Mau buka usaha online ? tapi bingung ga ada ide?

Dapatkan ide-ide usaha online disini

  • Peluang Usaha Download Ringtone Usaha ringtone atau download station adalah bisnis yang sedang booming saat ini. Modalnya tidak terlalu besar dan pasarannya masih luas. Pengoperasian untuk usaha ringtone juga tidaklah sesulit atau beresiko seperti usaha service handphone.
  • Peluang buka restoran, rumah makan Dapatkan kumpulan resep makanan yang dikemas dalam bentuk cd, anda tidak perlu repot-repot download atau browsing cari resep GRATISAN, semuanya sudah kami sediakan untuk Anda.
  • Peluang Menjadi Penulis dan Pengusaha Ebook Adalah bisnis berjualan e-book melalui internet, caranya sederhana saja, Ada beberapa langkah yang harus di lakukan jika anda berminat untuk "jualan Ebook" :

Pertama anda harus mempunyai ebook yang akan dijual, ebook ini bisa anda buat sendiri atau menjual ulang ebook orang lain yang memiliki "resale right ". Anda dapat membeli ebook yang dapat dijual ulang melalui situs ini.

Kedua adalah anda membuat web site dengan sistem reseller atau SMUO. Dengan sitem reseller ini, anda akan memiliki banyak tenaga penjual karena konsumen yang membeli ebook anda, secara otomatis akan menjadi tenaga penjual anda.

Ketiga membeli domain name dan hosting web .com seharga kurang lebih Rp. 200.000,- untuk menawarkan e-book anda tersebut kepada calon konsumen. Mungkin anda berpikir kenapa tidak menggunakan web site gratisan saja seperi geocities.com atau freewebs.com? karena web site gratisan lambat loadingnya dan suka muncul pop up dan banner iklan disana sini, hal ini berdampak negatif pada penjualan e-book anda.

Jika anda menggunakan .com calon konsumen akan lebih menghargai dan percaya kepada anda, itupun anda harus mencantumkan biodata anda di web site anda seperti: nama lengkap, no.telpon dan foto agar orang percaya anda bukan penipu dan akhirnya mereka memutuskan untuk membeli e-book anda.

Keempat adalah promosi, anda bisa promosi melalui iklan baris gratis yang ada di internet. Karena menurut survey iklan baris adalah media yang paling efektif untuk berpromosi via internet di
indonesia. Iklan baris internet yang paling saya rekomendasikan adalah Iklanbaris.co.id karena jumlah pengunjungnya paling banyak, rata-rata sehari ada 15.000 pengunjung.

Kesimpulan:
Bisnis e-book ini adalah nyata, menjanjikan dan bukan SCAM, banyak orang yang sudah meraih jutaan rupiah per bulan hanya dengan berjualan e-book, malah ada yang mencapai hingga Rp. 50.000.000,-/bulan!

  • Affiliasi ... Bisnis Tanpa Modal Affiliate Program atau Affiliate Marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari Internet. Bisnis ini termasuk bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya. Dalam Affiliate Marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual barang/jasa seorang Merchant atau Affiliate Merchant. Merchant, atau Affiliate Merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui Internet. Ada Banyak cara menghasilkan keuntungan dari Affiliate Marketing seperti berjualan lewat Amazon, LinkShares atau tempat -tempat Lainnya. Komisi yang bisa kita dapatkan bervariasi,tergantung dari Merchant (pemilik produk).

CARA KERJA AFFILIATE MARKETING

Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ‘affiliate link’. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut: Misalnya kita menemukan sebuah produk online yang ingin kita jual. Lalu kita melihat web site tersebut menawarkan program affiliate. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan. Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima ‘cek’ (untuk komisi), email, nomor telepon, dll. Kita juga akan diminta untuk membaca ‘affiliate agreement’.

Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliatemerchant. Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut). Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka.

Nah, setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah ‘affiliate link’ untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut. Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan ‘mengklik’ dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut. Nah, pada saat ada orang yang mengklik affiliate link kita dan melakukan pembelian, kita akan diberi komisi untuk penjualan tersebut! Tapi ingat lho! Orang ini HARUS benar-benar melakukan pembelian. Hanya karena seseorang mengklik link affiliate kita, bukan berarti affiliate merchant perlu membayar kita.

Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan. Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan ‘affiliate ID’ kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!

CARA-CARA MENGHASILKAN KEUNTUNGAN DENGAN AFFILIATE MARKETING.

1. Pay-Per-Sale Affiliate Program

Lewat program ini, kita memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita. Contoh barang atau jasa yang biasa dipasarkan dengan cara ‘pay-per-sale’ adalah penjualan e-book dan software. Besar komisi pay-per-sale ini bervariasi. Mulai dari hanya beberapa persen saja sampai 60% bahkan juga ada yang lebih.

2. Recurring Affiliate Program

Dalam program recurring ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Seperti web hosting, auto-responder dan keanggotaan website. Meskipun kita tidak mendapatkan persentase yang besar dari program ini, tapi program ini tetap bisa bermanfaat buat kita. Kenapa? Soalnya, kita hanya menjual jasa berlangganan ini satu kali, tapi komisi yang kita terima bisa selamanya, sepanjang pelanggan membayar biaya bulanan mereka! Recurring program seperti ini sangat baik karena memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tetap yang bisa kita dapatkan setiap bulan.

3. Pay Per Lead Affiliate Program

Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita. Dalam program ini, affiliate merchant yang memutuskan apakah leads yang kita bawa memenuhi kualifikasi atau tidak. Mereka biasa memutuskannya dari ‘informasi kontak prospek’ yang mereka dapatkan dari kita. Program pay-per-lead terbaik biasanya berasal dari situs asuransi, kredit rumah dan aplikasi pinjaman.Melalui program pay-per-lead ini, kita bisa menghasilkan keuntungan mulai dari 25 sen untuk setiap leads yang dat ng ke web site, sampai $25 atau lebih untuk leads yang mengisi aplikasi secara lengkap.

Bila kepiawaian Anda sudah terkenal di dunia internet marketing, bisa jadi banyak orang yang akan ‘mencari’ Anda. Malah Anda bisa kewalahan dengan banyaknya order dari para merchant untuk menjualkan barang/jasanya dengan cara pay-per-lead! Di samping itu, kalau Anda sengaja dicari, bayaran per lead Anda bisa jauh lebih mahal dibandingkan harga per lead dipasaran. Bahkan Anda pun bisa meminta persentase khusus dari setiap barang/jasa yang terjual.

4. Pay-Per-Click Affiliate Program

Pay-Per-Click Affiliate Program menurut saya adalah program yang unik. Kita mendapatkan bayaran pada saat sebuah “link iklan” di situs kita, diklik oleh pengunjung kita. Siapa yang membayar?

Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka “diklik” oleh pengunjung kita. Yang perlu kita lakukan adalah menyisakan ruang iklan di situs kita untuk program tersebut. Dari setiap klik pada iklan tersebut, kita akan mendapatkan sedikit uang. Program pay-per-click yang populer saat ini adalah Google’s Adsense. Dalam program ini, kita boleh menempatkan 1 sampai 3 iklan Google di setiap halaman web site kita.

5. Pay-Per-Search Affiliate Program

Program pay-per-search ini hampir mirip dengan pay-per-click. Hanya saja yang berbeda adalah modelnya. Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui “search box” khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.

Untuk lebih jelas lagi, Anda pasti mengenal apa itu ‘search engine’ bukan? Kalau Anda ingin mencari tahu sesuatu, Anda akan datang ke search engine seperti www.Google.com atau www.Yahoo.com Nah, pay-per-search ini kurang lebih bisa dikatakan “program yang membuat Anda menjadi search engine”. Kita tempatkan ‘kotak pencarian’ di web site kita, lalu pada saat ada orang yang mencari sesuatu lewat kotak pencarian kita tadi dan mengklik salah satu atau lebih link, kita mendapatkan bayaran.

6. Hybrid Programs

Ada banyak affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.

Contoh: Mereka biasanya menawarkan komisi 10 sen setiap kali ada orang yang HANYA mengklik banner dan kemudian komisi 15% bila terjadi penjualan. Ada juga merchant yang menawarkan macam-macam bonus kalau kita mencapai angka penjualan tertentu. Sementara itu, beberapa merchant lainnya ada juga yang menawarkan program semakin banyak penjualan, semakin tinggi jumlah komisi yang kita terima.

DUA JENIS KOMISI DALAM AFFILIATE MARKETING

Ada dua jenis komisi pada affiliate marketing, yaitu:

1. SINGLE-TIER COMMISSIONS: Komisi yang dibayarkan dalam 1 tingkat.

- Artinya, kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan kita sendiri.

2-TIER COMMISSIONS: Komisi yang dibayarkan dalam 2 tingkat.

- Artinya, kita mendapatkan komisi dari penjualan kita sendiri PLUS penjualan dari affiliate yang kita bawa.

Contoh: Anda menjual sebuah barang kepada si A. Untuk penjualan itu Anda mendapatkan komisi 30% dari affiliate merchant. Lalu si A menjual barang itu kepada si B. Anda masih mendapatkan keuntungan -katakanlah 5%- dari penjualan si A. Dan si A mendapatkan keuntungan 30% dari merchant atas penjualannya ke si B. Dalam kasus di atas, merchant memberikan total komisi 35% kepada affiliate-nya untuk setiap penjualan. Tapi komisinya dibagi menjadi 2 tingkat. 30% untuk penjualan sendiri dan 5% dari hasil penjualan affiliate yang dibawa oleh affiliate pertama.

KETENTUAN PEMBAYARAN

Sebagai affiliate, kita tidak bisa memaksa affiliate merchant untuk membayarkan komisi kita kapan pun kita mau! Kita harus tahu, affiliate merchant berhak menerbitkan cek komisi kapan saja mereka menginginkannya. Tokh… mereka yang punya barang, jadi mereka yang ‘lebih berkuasa. Oleh sebab itu, penting sekali kita membaca dan meneliti affiliate agreement yang mereka berikan. Affiliate agreement ini bisa didapat pada saat kita mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut.

Kabar baiknya, kebanyakan affiliate merchant membayar kita dengan jadwal yang teratur dan tepat waktu. Biasanya adalah setiap bulan, bahkan per 2 minggu atau kapanpun pada saat Anda telah mencapai nilai penjualan dalam jumlah tertentu (biasanya minimal pembayaran cek affiliate adalah 20$ atau 100$).

Khusus bagi kita yang tinggal di Indonesia, saya sarankan untuk mengambil komisi affiliate apabila sudah mencapai minimal $100. Karena, biaya yang dikenakan oleh bank untuk mentunaikannya cek dari luar negeri sekarang ini adalah sekitar $20. Jadi seandainya kita mendapat cek affiliate sebesar $20 dan mentunaikannya di bank, ya habis dong!

Catatan: Bila kita menerima cek dari affiliate -misalnya saja dari perusahaan Amerika atau Inggris- kita bisa pergi ke bank mana saja di Indonesia dan biasanya akan memakan waktu 7 sampai 14 hari untuk mentunaikannya.

‘COOKIES’ & ‘LIFETIME COMMISSIONS’

Di dunia affiliate marketing, kita akan mendengar istilah “lifetime commisions”. Ini artinya, affiliate merchant mempunyai sebuah ‘sistem pintar’ yang bisa melacak setiap pelanggan atau prospek yang kembali dan memutuskan untuk membeli barang/jasa melalui affiliate link yang pertama kali mengenalkan si pelanggan tadi pada barang/jasa yang dipasarkan.

Bagaimana merchant bisa mengetahui itu semua? Mereka mengetahuinya melalui “cookies”. Cookies adalah program kecil yang diberikan kepada setiap pengunjung web site ketika mereka mengklik affiliate link kita. Cookies menyimpan informasi pada komputer pengunjung tersebut. Informasi ini bisa mengindentifikasi KITA sebagai affiliate kapanpun pengunjung tersebut kembali ke situs merchant.

Katakanlah Si Banu datang ke web site Asian Brain IMC melalui link Anda di atas. Tapi dia tidak memutuskan untuk bergabung saat itu. 6 Bulan kemudian, Si Banu memutuskan untuk bergabung, tapi dia hanya ingat website AsianBrain saja. Nah, meskipun Si Banu hanya mengetikan website AsianBrain saja, tanpa disertai affiliate code Anda, tapi sebenarnya komputer Si Banu akan ‘memanggil cookies’ yang berisi affiliate link milik Anda, dengan catatan Si Banu membukanya di komputer yang sama pada saat mengklik affiliate link Anda dulu pertama kali.

Cookies ini biasanya berakhir pada periode waktu tertentu. Mulai dari beberapa hari, bulanan atau bahkan juga tahunan. Setelah itu cookies ini akan kadaluwarsa. Untuk program “lifetime commisions”, cookies akan berakhir dalam waktu yang sangat lama, biasanya satu tahun. Tapi tentu saja, kalau seorang pelanggan atau prospek memakai komputer baru, cookies ini akan menghilang! Cookies juga akan menghilang kalau si pelanggan dengan sengaja menghapusnya dari komputer. (Walau begitu, setahu saya, jarang orang yang menghapus cookies terlalu sering atau mereka bahkan sama sekali tidak tahu soal menghapus cookies ini, mungkin salah satunya Anda) ;-)

Jadi tidak perlu khawatir soal cookies yang hilang! Kalau sudah rejeki Anda, toh pelanggan juga tidak akan lari kemana ;-) Affiliate merchant yang menawarkan “lifetime commissions” biasanya adalah pebisnis yang sangat baik untuk diajak kerjasama. Karena mereka ingin memastikan kita menerima kompensasi dari SEMUA penjualan di masa mendatang yang dilakukan pelanggan KITA. Anda mungkin bertanya, di mana kita bisa menemukan affiliate merchant yang menawarkan ‘lifetime commissions”? Kunjungi http://www.LifeTimeCommissions.com

Di situs ini kita bisa menemukan daftar affiliate merchant yang selalu diperbarui. Biasanya affiliate merchant yang terdapat dalam daftar situs ini menawarkan program yang menguntungkan dan memiliki cookies jangka panjang.

Daftar Recommended Affiliate Program

Berikut ini adalah produk yang kami rekomendasikan kepada anda untuk dipromosikan, anda juga bisa mencari program affiliate lain menggunakan search engine:

http://www.paydotcom.com

http://www.keywordelite.com/index2.htm

http://www.keywordsanalyzer.com

http://www.clickadequalizer.com

http://www.keywordcruncher.com/

http://www.MakeMoneyWithCreditCards.com

www.sleepingearthedaffiliates.com

www.miquotes.com

www.best-affiliateprogram.net

www.buy-globe-life.com

www.aigtermlife.com

www.nicheshops.com

www.dollarglobeinsurance.com

www.RevenueLoop.com

www.LeadPile.com

  • Web Desain dan Online Store Internet menjadi sebuah media baru yang massal, menjangkau ke seluruh penjuru tanpa batasan geografis, dll. Kelebihan2 ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Misal, untuk kegiatan usaha/bisnis : jualan pulsa, jualan baju/pakaian, jualan mobil, jualan rumah/properti, jual makanan, dsb, dsb. Salah satu contoh yang mungkin bisa ditiru adalah untuk berjualan makanan tradisional atau kue-kue atau jajanan khas daerah tertentu. Bisa jadi kita ndak perlu buka gerai/counter khusus di mall. Cukup dengan sebuah website, no kontak, dan usaha dijalankan dari rumah (home industry). Bila volume makin besar, bisa juga mengajak bergabung kerjasama dengan pelaku-pelaku usaha lain (tetangga, teman, dll). Order delivery service menjadi kekuatan utama. Bisa juga pesanan oleh kerabat dari luar kota untuk dikirim ke kerabat lain yang sekota dengan tempat usaha kita. Namun permasalahan yang muncul adalah tidak semua orang bisa membuat website. Nah, peluang bisa kita manfaatkan dengan memberi jasa pembuatan website. Memang sudah banyak yang memberikan jasa semacam itu, tapi jika anda perhatikan, harganya selangit. Bagi para pemula atau mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan, ini ide bagus. Coba jual keahlian kamu, tapi jangan mahal-mahal, namanya juga pemula. Nanti kalau sudah top, baru pasang harga.( wirausahakita.blogspot.com ) Kesimpulan : peluang usaha yang bisa diambil adalah online Store dan jasa desain web

  • Dari Gratisan Jadi Duit Sudah banyak iklan, pameo, slogan, promosi dll bahwa internet adalah sumber uang. Benarkah? Yup, penulis setuju. Tapi ada juga aspek negatif yang kadang muncul, misal penipuan, pembobolan kartu kredit, dll yang memanfaatkan internet. OK kitandak bahas itu. Kita bahas aspek positifnya saja. Banyak hal bisa digali sebagai sumber uang di internet. Coba lihat yang pasang iklan via sms atau iklan atau banner di situs www.detik.com atau di kompas online, dll dll. Lumayan tuh uangnya :)Atau jasa bikin website di internet buat perusahaan, kampus, instansi, dll. Nah berikut ada ide sederhana. Di internet buanyak sekali data dan informasi bisa kita dapatkan dan kumpulkan, dengan beragam topik (objek) dan tema. Coba satu usulan : kumpulkan sebanyak-banyak mungkin macam resep masakan, kue, jajanan, makanan, menu makan dari jenis sederhana hingga mewah, dari kelas dapur kampung, ndesa, kota, warteg hingga restoran bintang. Sertakan gambar-gambar yang mendukung juga bagus. Nah, setelah itu atur/manage agar bisa dikemas dalam 1 keping CD. Buat cover CD yang menarik. Coba jual via internet/offline. Misal nih dibandrol per copy Rp 49.000,-. Dengan harga segitu, orang bisa mendapatkan ribuan resep masakan. Siapa yang gak minat? Sementara untuk mendapatkannya via media cetak atau browsing sendiri di internet, orang bisa jadi keluar biaya lebih dari itu. Oh ya, sumber artikel resep / menu-menu tadi bisa digali dari berbagai website di internet, baik dalam dan luar negeri. Ya, kita perlu modal sih buat online. Tapi dari warnet bisa lebih murah dibanding pakai ngenet telp rumah, lagipula di warnet suka ada harga paket ngenet yang murah misal untuk 3 jam atau 5 jam sekaligus. Coba luangkan waktu 2 minggu penuh, setiap hari berburu (hunting) informasi tadi. Kumpulkan, manage, burning, kasih cover, promosikan, kirim ke pembeli, jadi duit deh :) (hehehe). Coba untuk ide-ide/objek lain coy ! Semoga bermanfaat ......( wirausahakita.blogspot.com )

  • Jasa Pengetikan Iklan dan Website Iklan Baris Dalam dunia marketing, Salah satu hal terpenting adalah promosi. Semakin Sering mempromosikan barang atau jasa kita, maka semakin banyak orang tahu apa yang kita jual dan semakin besar pula kemungkinan untuk laku. Selama ini perusahaan mempromosikan produk atau jasa nya melalui televisi atau radio. Bagi perusahaan besar tidak ada masalah dengan biaya pasang iklan di televisi atau radio. Lalu bagaimana dengan perusahaan kecil ? Internet lah solusinya. Karena saat ini pengguna internet sangat banyak seperti banyaknya dengan pemirsa televisi. Dimana promosinya? salah satu caranya adalah dengan memasang iklan di iklan baris baik yang gratisan maupun yang bayar. namun, tidak semua orang punya waktu atau betah duduk berlama-lamaan didepan komputer untuk memasang iklan, belum lagi harus mengisi beberapa form isian iklan. Coba lihat yang pasang iklan via sms atau iklan atau banner di situs www.detik.com atau di kompas online, dll. Lumayan tuh uangnya Kesimpulan : peluang usaha yang bisa diambil adalah membuka usaha web iklan baris dan jasa pengetikan iklan

1 comment:

  1. Greetings! Very helpful advice within this post!
    It is the little changes that produce the most significant changes.
    Many thanks for sharing!
    Feel free to visit my weblog ; clear acne

    ReplyDelete