AFFILIATE

Dasar Bisnis Affiliate

Jika kita ingin mempunyai pendapatan dengan media internet namun tidak mempunyai apapun untuk dijual, maka Affiliate Program adalah solusinya. Apa itu affiliate program/program affiliasi ? Affiliate Program merupakan suatu bentuk kerjasama bisnis dimana kita bertindak sebagai "penghubung" antara penyedia produk atau layanan tertentu dengan costumer-costumer mereka. Jika satu atau beberapa costumer tersebut melakukan transaksi, maka kita sebagai affiliate mendapatkan kompensasi atas kerja yang kita lakukan (komisi).Berikut ini adalah alasan alasan kenapa kita bergabung sebagai affiliate :

  • Tidak ada biaya produksi.
  • Biaya untuk memulai bisnis ini relatif rendah bahkan gratis.
  • Bisa dikerjakan kapanpun, dan dimanapun anda berada. Tidak terikat waktu dan tempat.
  • Berpotensi mendapatkan pendapatan yang tidak terbatas. Jika anda
  • melakukannya dengan konsisten, dan pantang menyerah.

Ada tiga tipe affiliate program, mari kita simak bersama sama :

  • Pay Per Sale program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil kita jual melalui link refferal kita.
  • Pay Per Lead program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah orang yang mengisi form (isian), survey, atau sign up terhadap layanan yang diberikan.
  • Pay Per Click program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah klik terhadap link refferal yang diberikan oleh merchant kepada kita.

Berarti yang paling mudah untuk mendatangkan uang adalah Pay Per Click program, namun uang yang didapatkan sedikit. Kebalikannya daripada Pay Per Sale, paling susah untuk mendapatkan pembelinya tetapi uangnya juga cakep. Mana yang mau anda pilih?Selain ketiga diatas itu anda akan tertarik dengan apa itu Lifetime Commission Affiliate Program atau Recurring Commission Affiliate Program. Kebanyakan Affiliate Program Provider (APP) menyediakan program program tersebut diatas dengan gratis. Berikut ini daftar affiliate pendaftaran dari indonesia, tapi tidak usah khawatir banyak yang masih menerima peserta dari indonesia. Berikut ini adalah contoh-contoh bisnis affliasi yang saya tahu dan berpenghasilan besar selain itu juga gratis tanpa bayar untuk pendaftaran maupun sudah jadi anggota, jika anda tertarik mengikuti program ini silahkan klik program tersebut...

Itulah program affliasi yang menurut saya bagus dan bermutu, Bagaimana memilih program affliasi yang paling cocok untuk anda ? Berikut ini adalah faktor-faktor yang mesti anda pertimbangkan :

  • Relevansi :Carilah affiliate program yang sesuai dengan tema dari website anda.
  • Kualitas dan Stabilitas :Pilihlah affiliate program dari perusahaan yang reputasinya bagus. Salah satunya bisa dilihat dari lamanya mereka berdiri, dan jumlah affiliate marketer yang sudah terdaftar. Juga pertimbangkan apakah mereka mempunyai contact support yang khusus menangani anda.
  • Komisi : Pilihlah affiliate program yang memberikan komisi yang tinggi dan memberikan kebebasan dalam pengambilan komisi, baik dari metoda pembayarannya maupun frekuensi pembayarannya. Selain itu akan lebih baik jika memilih affiliate program yang memberikan komisi seumur hidup/lifetime commission artinya konsumen yang tercipta berkat kerja anda, maka konsumen itu menjadi milik anda selamanya.

Setelah itu, selanjutnya adalah bagaimana memasarkan produk/service yang mereka tawarkan :

Membuat sebuah situs penawaran

Layaknya seorang salesman, anda harus belajar bagaimana mereka(calon costumer/pengunjung situs anda) akan tertarik ke produk/service yang anda tawarkan melalui situs tersebut ? Bagaimana produk/service tersebut bisa memecahkan masalah dari pengunjung situs anda ? Bagaimana perbandingan harganya dari produk/service sejenis di pasaran ? Jika pengunjung situs anda membeli produk/service yang anda tawarkan, apa nilai lebihnya bagi mereka dengan membeli kepada anda ? Apakah ada garansi jika costumer tersebut tidak puas terhadap produk/service yang anda tawarkan ? Terus perlu diperhatikan pula, seberapa mudah mereka berhubungan dengan anda ? Oh ya, jangan dilupakan bahwa yang kita hadapi adalah orang yang nyata, jadi usahakan membuat kata-kata marketing yang efektif pada situs penawaran tersebut. Anggaplah ini sebuah pertemuan one to one dengan calon costumer anda.

Menggunakan PPC advertising

Salah satu contohnya anda bisa menggunakan Google Adwords, Yahoo Search Marketing dan MSN Adcenter. Hal yang perlu dipikirkan di antaranya adalah bagaimana anda membuat iklan yang efektif dan bagaimana meningkatkan rasio konversi perjualan yang tinggi - jumlah sales/penjualan dibagi dengan jumlah klik yang terjadi dikali 100%. Semakin tinggi sales conversion iklan anda maka semakin baik. Selain itu perlu diperhitungkan ROI (Return on investment) nya dari periklanan ini, berapa komisi dari affiliate program yang anda dapatkan terhadap biaya yang anda keluarkan untuk beriklan untuk suatu jangka waktu tertentu misalnya satu bulan. Untuk tip-tip berharga lainnya anda bisa baca di bagian Google Adwords. Setelah itu Apa Yang Harus Dilakukan agar Sukses ?

Setelah anda bergabung dengan program ini dan supaya anda bisa sukses mengembangkan jaringan ini anda harus sering beriklan atau rajin mengikuti forum2 bisnis. Dibawah ini adalah daftar2 tempat beriklan secara gratis :

www.iklanbaris.com
www.iklanumum.com
www.iklanpromo.com
www.webiklan.com
www.iklandiweb.com
www.iklanbaris.plasa.com
www.iklanmini.co.id
www.bekas.com
www.iklanpercuma.com
www.freeiklan.com
www.iklanbarisplus.com

www.iklanriau.com

Anda bisa mengisi iklan baris pada alamat diatas secara cuma2 alias gratis.



Mengapa Bergabung dengan Program Afiliasi

Terbiasa dengan komunikasi via email? Mengapa tidak yang satu ini yaitu dengan mengikuti program bisnis afiliasi? Yaitu untuk menambah uang Anda. Ada begitu banyak kesempatan bisnis di Internet. Hampir semuanya memang membutuhkan dana. Tetapi, tidak dengan program afiliasi! Berikut ini adalah 7 alasan mengapa anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan progran afiliasi dari rumah anda :

1.Bergabung dengan program afiliasi tidak perlu mengeluarkan dana. Benar-benar tidak perlu! Anda dapat bergabung dengan sebuah program afiliasi tanpa harus mengeluarkan biaya dan dapat segera mempromosikan produk anda. 2.Sarana dan prasarana untuk pemasaran lewat internet sudah disediakan untuk anda. Sebuah situs web yang menawarkan program afiliasi yg bagus pasti akan memberikan banyak sarana afiliasi pemasaran yang bersifat siap pakaiAnda hanya tinggal meng- copy dan paste dan memasukkan kode afiliasi anda. Kemudian, mulailah menjual.

3. Anda tidak butuh sebuah produk. Akan menghabiskan BANYAK waktu untuk mengembangkan produk anda untuk dijual secara online. Dengan program afiliasi, produk tersebut sudah ada di sana. Orang lain yang akan mengerjakannya, bukan anda.

4. Statistik afiliasi sudah disediakan sebagai bagian dari sistem mereka, karena Anda bergabung dengan program afiliasi. Anda tidak perlu pergi dan membeli perangkat lunak yang mahal untuk melacak penjualan anda karena pemilik produk sudah menyiapkannya untuk anda. Anda bahkan tidak perlu membayarnya, gratis!

5. Tidak dibutuhan waktu untuk memulainya. Kebanyakan bisnis butuh suatu waktu dalam fase ’start up’. Dengan program pemasaran afiliasi, maka anda tidak membutuhkan waktu ’start up’ itu semua lagi. Pada waktu anda bergabung, anda dapat langsung menjual.

6. Anda tidak perlu kuatir lagi berkenaan administrasi penjualan dan dukungan teknis lainnya. Pemilik produk sudah akan mengurus proses penjualannya dan semua layanan purna jual. Yang hanya perlu anda kuatirkan adalah menerima cek afiliasi anda!

7. Anda tidak perlu kuatir untuk kontak langsung pelanggan Anda. Di dalam sebuah program pemasaran afiliasi, anda adalah seorang reseller sehingga jika pelanggan mengajukan komplain mereka akan menghubungi pemilik produk, dan bukan anda. Bergabung dengan program afiliasi sangat sederhana, mudah untuk mulai mempromosikan dan lebih daripada itu semua Anda tidak akan rugi atau harus memiliki modal. Jika salah satu program afiliasi tersebut tidak berjalan, anda dapat meninggalkannya dan bergabung dengan program afiliasi lainnya.

No comments:

Post a Comment