Tahukah anda bahwa optimasi Label pada setiap postingan anda dapat mempengaruhi jumlah traffic visitor/pengunjung blog anda. Nah untuk postingan kali ini saya mencoba mengupas faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi traffic blog anda berkaitan denga Label dari postingan anda.
Faktor Pertama adalah APPLY RELEVANT LABELS
atau Gunakan Label yang relevan dengan isi postingan anda. Label pada postingan anda harus berkaitan atau berhubungan dengan isi dari postingan anda. Saya bisa saja melebeli postingan ini dengan Label Youtube karena jika kita lihat di Technoraty sekarang, tag "YouTube" berada pada salah satu tag yang paling dicari, dengan demikian saya bisa berharap traffic blog saya ini akan megalami peningkatan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah hal tersebut bisa dikatakan dengan spamming karena postingan saya ini sama kali tidak berkaitan dengan YouTube, dan yang pasti pengunjung blog saya ini pasti tidak akan kembali lagi ke sini karena mereka merasa dikecewakan oleh blog saya ini karena mereka menemukan apa yang mereka cari (YouTube dalam hal ini).
Faktor Kedua adalah RESEARCH YOUR LABELS
atau lakukan dahulu riset kecil sebelum anda menentukan label apa yang tepat untuk postingan anda. Sebelum menentukan Label dari postingan anda lihat dulu trend dari tag label anda tersebut. Untuk hal ini anda dapat menggunakan Technorati Charts, perhatikan chart untuk label "Labels" dibawah ini selama 360 hari terakhir.
Anda dapat melihat peningkatan posting dengan kata ini sejak debut dari New Blogger pada Agustus 2006, sejak mereka memperkenalkan 'penendaan' labels untuk kategory. Untuk mencoba chart dari Technoraty ini dengan label yang lain, copy paste URL dibawah ini pada browser anda.
http://technorati.com/chart/LABEL_NAME?chartdays=360&language=n&authority=n
Ubah 'LABEL_NAME' dan '360' days dengan apapun yang anda ingikan. Sebagai contoh mari kita lihat chart untuk 'Anna Nicole Smith' Terjadi penurunan yang sangat signifikan kalau kita lihat dari chart tersebut selama rank waktu antara bulan januari sampai bulan Juni. Nah dengan kata lain kalau anda saat ini membuat posting dengan Label Anna Nicole Smith jangan terlalu berharap blog anda akan kebanjiran traffic.
Perbedaan yang mencolok dapat anda lihat pada chart dengan postingan berlabelkan 'Paris Hilton' selama 360 hari terakhir, dengan kata lain anda akan mempunyai kesempatan berkompetisi dengan kompetitor anda yang mempunyai postingan dengan Label Paris Hilton dalam menarik perhatian pengunjung.
Faktor ketiga adalah NUMBER OF LABELS
atau jumlah dari label. Terlalu banyak label dapat menyebabkan duplikasi content dan halaman (page) dan itu lebih berbahaya bagi Google's Supplementary Index. Saya menyarankan untuk menyematkan satu sampai dua label untuk setiap post untuk menghindari maslah ini.
Nah ke tiga hal tersebut diatas yang ingin saya sharingkan, semoga bermanfaat buat kita semua.
Faktor Pertama adalah APPLY RELEVANT LABELS
atau Gunakan Label yang relevan dengan isi postingan anda. Label pada postingan anda harus berkaitan atau berhubungan dengan isi dari postingan anda. Saya bisa saja melebeli postingan ini dengan Label Youtube karena jika kita lihat di Technoraty sekarang, tag "YouTube" berada pada salah satu tag yang paling dicari, dengan demikian saya bisa berharap traffic blog saya ini akan megalami peningkatan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah hal tersebut bisa dikatakan dengan spamming karena postingan saya ini sama kali tidak berkaitan dengan YouTube, dan yang pasti pengunjung blog saya ini pasti tidak akan kembali lagi ke sini karena mereka merasa dikecewakan oleh blog saya ini karena mereka menemukan apa yang mereka cari (YouTube dalam hal ini).
Faktor Kedua adalah RESEARCH YOUR LABELS
atau lakukan dahulu riset kecil sebelum anda menentukan label apa yang tepat untuk postingan anda. Sebelum menentukan Label dari postingan anda lihat dulu trend dari tag label anda tersebut. Untuk hal ini anda dapat menggunakan Technorati Charts, perhatikan chart untuk label "Labels" dibawah ini selama 360 hari terakhir.
Anda dapat melihat peningkatan posting dengan kata ini sejak debut dari New Blogger pada Agustus 2006, sejak mereka memperkenalkan 'penendaan' labels untuk kategory. Untuk mencoba chart dari Technoraty ini dengan label yang lain, copy paste URL dibawah ini pada browser anda.
http://technorati.com/chart/LABEL_NAME?chartdays=360&language=n&authority=n
Ubah 'LABEL_NAME' dan '360' days dengan apapun yang anda ingikan. Sebagai contoh mari kita lihat chart untuk 'Anna Nicole Smith' Terjadi penurunan yang sangat signifikan kalau kita lihat dari chart tersebut selama rank waktu antara bulan januari sampai bulan Juni. Nah dengan kata lain kalau anda saat ini membuat posting dengan Label Anna Nicole Smith jangan terlalu berharap blog anda akan kebanjiran traffic.
Perbedaan yang mencolok dapat anda lihat pada chart dengan postingan berlabelkan 'Paris Hilton' selama 360 hari terakhir, dengan kata lain anda akan mempunyai kesempatan berkompetisi dengan kompetitor anda yang mempunyai postingan dengan Label Paris Hilton dalam menarik perhatian pengunjung.
Faktor ketiga adalah NUMBER OF LABELS
atau jumlah dari label. Terlalu banyak label dapat menyebabkan duplikasi content dan halaman (page) dan itu lebih berbahaya bagi Google's Supplementary Index. Saya menyarankan untuk menyematkan satu sampai dua label untuk setiap post untuk menghindari maslah ini.
Nah ke tiga hal tersebut diatas yang ingin saya sharingkan, semoga bermanfaat buat kita semua.
Kadangkala saya sendiri ga' begitu memperhatikan tag label,
ReplyDeleteTapi faktanya memang ini penting sekali dimana tag kita dapat terindeks ke search engine.
Oh..ya..Saya tertarik dengan blog Anda...boleh donk kalo kita tukeran link sebagai momment persahabatan yang positif nih..
Thank's infonya mas Welly...
mantap ini postingannya..langsung posting ah.. :D
ReplyDeletewah thank nich mas buat tipsnya sangat bermanfaat.
ReplyDeletesalam kenal ya..?
@ Yopan Pribadi : Sebelumnya terima kasih sudah berkomentat di blog ini. Untuk tukeran link buat saya pribadi kurang efektif, kalau mas mau bertukar link dengan saya mungkin bisa dengan cara lain yaitu seperti metode Paid Review, intinya mas menulis posting mengenai review blog saya demikian juga sebaliknya saya menulis posting review mengenai blog anda. Terima kasih
ReplyDelete@ hrxone & Benny : Thx dan mampir dan sudi berkomentar. Sering-sering yah mampir sini..
ReplyDeleteSori nyampah nih mas, cuma mo ngasih tau klo mas Welly dapet award nih.. ;)
ReplyDeleteMas Welly..
ReplyDeleteSaya senang dan dapat menerima dengan ide Anda yang cukup menarik bagi saya..
Baiklah..kapan-kapan kita kembangkan juga ide Anda dan saya perlu rehat dulu untuk kali ini sambil berpikir mencari ide yang positif...
Terima kasih juga infonya...
nice post. thx mas
ReplyDelete@ Jenggo : Mas saya kebagian award yang mana nih ??
ReplyDeletemenarik dan bermanfaat sekali mas, thanks untuk sharing ilmunya :)
ReplyDeletesalam kenal mas!
@ masjogja : sama-sama mas..
ReplyDeletemas itu "technoraty" nya kok nge-link ke domain parking SEDO?
ReplyDelete