Do Follow, U Comment I Follow

do follow, seo
Gerakan Do Follow, U Comment I Follow mungkin sudah cukup lama didengungkan di jagat raya maya ini, buktinya kalau kita sedang jalan jalan sore melalui perkampungan para blogger kita pasti menemui banyak blog yang telah memasang bendera setengah tiang atau banner untuk memproklamasikan bahwa blog mereka adalah pengikut aliran do follow. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah kita sebagai blogger telah benar2 paham akan makna do follow, u comment i follow tersebut. Contohnya mungkin nggak jauh-jauh sudah lama saya menghilangkan rel='nofollow' pada blog ini sebagai syarat yang harus saya penuhi untuk menjadikan blog saya ini sebgai aliran tersebut, tapi terus terang saya belum begitu mengerti apakah arti sebenarnya dari slogan tersebut, sampai akhirnya saya membaca artikel ini atau kalau anda malas untuk mengklik link nya saya copykan cuplikannya :

Sekilas memang mudah mengartikan maksud dari U comment I Follow yaitu anda komentar saya akan mengikuti atau anda komentar saya akan berkomentar balik pada blog anda , ya begitulah kira-kira yang saya tangkap dari kebanyakan brogger entah itu blogger baru ataupun lama. Tapi bukan itu maksud sebenarnya dari komunitas U Comment I Follow sendiri, khususnya saya yang juga memasang banner U Comment I Follow. maksud sebenarnya adalah saya memberikan linkback kepada para blogger yang telah berkomentar di artikel yang saya buat, tujuannya adalah sebagai hadiah, kenapa saya namakan hadiah, kami sebagai komunitas do follow paling tidak sudah menghargai para komentar di blog yang kita buat, karena saya berpendapat untuk mengomentari sebuah posting, paling tidak pengunjung membaca entah itu sekilas ataupun semua isi postingan itu, nah itu yang kita hargai dengan memberikannya hadiah sebuah linkback, karena pengunjung sudah rela meluangkan sebagian waktunya untuk membaca posting dari blog kita. bukan sekedar just hello di SB.

Untuk urusan PR (Page Rank) saya tidak pernah memikirkan urusan PR itu sendiri, malah tidak berambisi untuk menaikkan PR, dikarenakan saya takut dikatakan sombong karena sampai detik ini saya masih belum sempat untuk blog walking ke semua yang pernah mampir diblog saya, dan dari itu juga kenapa pernak-pernik Rank di blog saya saya hapus, itulah salah satu alasan saya kenapa saya menghapus pernak-pernik itu. Untuk lebih mengerti penjelasan mengenai do follow itu saya ini saya copas tanpa ijin dari artikelgus yang berjudul do follow itu seksi dan 6 alasannya maaf kang saya tidak ijin.
  • Do follow menstimulus para blogger akan terbiasa menghargai tulisan atau postingan blog yang dikunjungi, karena saat meninggalkan komentar bukankah secara otomatis visitor akan membaca ? Jadi tidak hanya "say hello di shoutbox saja". disinilah saya kira letak proses enlighment-nya
  • Mekanisme pelacakan do follow yang otomatis mencatat url visitor yang mencantumkan identitas lengkap (untuk memberikan backlink khususnya link popularity) mampu meminimalisir anonymous yang komentarnya kadang tidak bertanggungjawab. Disini visitor beraliran 'katrok-isme dan jahat-ers atau non human visitor alias spammer bisa mengurungkan niatnya.
  • Do follow menjargonkan niat baik blogger untuk memberikan souvenir tanda persahabatan kepada visitor.Di titik argumentasi ini, saya setuju. Kehangatan hubungan ini yang harus terus dikampanyekan. Dan Dofollow menstimulasikan kampanye tersebut dengan baik.
  • Kedekatan emosional dan kehangatan hubungan antara blogger dan visitor ini memungkinkan blogger terjangkiti 'wabah kangen mendadak :) bila tidak mengunjungi sahabat blogger-nya. Dan tentu saja setiap kunjungan ini akan dicatat dgn baik oleh mbak Alexa,Mbah Google,Tante Technorati , si Penyebar Gosip Feedburnet, Om Yahoo, dan si tukang ngoceh Twitter' . Eits, Dik Altavista, Mybloglog, maupun si bayi ajaib Blogcatalog juga tak akan mau ketinggalan untuk ikutan merekam.
  • Soal kaitannya dengan Pagerank harus dipandang sebagai hal lain. Karena faktor penentu-nya bukan semata2 backlink. Orang ekonomi bilang tergantung klausul cateris paribus. Artinya apabila semua syarat terpenuhi, maka Pagerank akan terkatrol tingi-tinggi, tapi bila salah satu syaratnya tak terpenuhi alias memble, otomatis Pagerank tinggi hanya akal2an si-bulus dalam menipu crawling-nya Google.
    Singkatnya, disamping sangat bergantung pada tingkat kepadatan arus lalulintas link baik baclink maupun link tunggal, juga bergantung pada;


    1. meta tag alias kata kunci yang selalu dibutuhkan para peselancar Major search Engine.
    2. karena kualitas postingan yang memiliki magnitude untuk menggerakkan peselancar dunia maya agar mampir berlama-lama di blog kita
    3. karena kunjungan Pelanggan atau visitor tetap Blog kita.


  • Soal kaitannya dengan SEO seh kadang saya lebih setuju dengan orang yang sekarang duduk di sebelah saya,Mas dr. Ade, seorang dokter tapi lebih memilih menjadi praktisi bahasa mesin pemrograman PHP. Dan (telah) memegang sertifikat 'SEO hack' dr google di awal 2000-an.

Nah sekarang sudah jelas kan mengapa kita memasang banner do follow, nah sekarang sedikit penjelasan mengapa blog kita pada settingan standar, diberi "tag" NoFollow. Berikut sedikit penjelasan yang saya ambilkan dari sini.

Sejauh yang bisa kita pahami, jadi cuma satu alasan. Search Engine TIDAK menyukai SPAM, begitu pula kita. Ini adalah sebuah tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menghentikan usaha SPAMMING. Dengan adanya "tag" ini, seperti sudah sebut diatas, secara teknis, link menuju situs SPAM tersebut, tidak akan di"anggap" oleh Search Engine. Lalu apa dampak adanya SPAM di Blog kita :
  1. Karena Search Engine tidak menyukai SPAM, maka Search Engine juga tidak menyukai Blog yang menjadi Gudang SPAM.
  2. Pagerank (untuk SE Google) juga akan berpengaruh (biasanya turun), mengingat jumlah halaman blog kita yang diindeks juga akan semakin sedikit.
  3. Mengganggu kenyamanan karena setiap saat disibukkan dengan "iklan" yang tidak kita mau.
Nah dari penjelasan diatas, setuju dengan mas Firdaus, maka saya utarakan beberapa "alasan" mengapa blog saya ini mendukung Do Follow :

  1. Do follow memberi semacam timbal balik yang setimpal atas siapapun yang berkenan menanggapi tulisan lewat komentar. Setidaknya, ini menghindarkan saya terhadap sifat lupa untuk berterimakasih.
  2. Apapun tujuan setiap yang berkomentar, setidaknya telah ikut juga diindeks oleh search engine, jika tulisan di blog tersebut telah diindeks oleh search engine.
  3. Terdapat harapan bahwa nantinya akan muncul sebuah lingkup kepercayaan antara pembaca (yang juga penulis), dengan penulis (yang juga pembaca)
  4. Jika suatu saat Blogroll sudah terlalu panjang, kesempatan untuk memberi Backlink kepada blogger lain, masih dimungkinkan, yaitu cukup dengan berkomentar.
Nah untuk menghilangkan atribute "no follow" pada blogger dapat anda baca disini. Semoga bermanfaat.

19 comments:

  1. rizoa juga mendukung gerakan do follow

    ReplyDelete
  2. Aku juga dukung sich, cuma masih baca2 cara settingnya :D
    Ntar kalo dah betoel2 do follow kita publish la yaw :D

    ReplyDelete
  3. @ Rizoa and @ Quisthon :
    Mari bersama kita galakan gerakkan yang positif ini karena hasilnya kan buat kita2 juga. ;)

    ReplyDelete
  4. Saya juga tetap dukung dofollow...
    terlepas ada kekurangan dan kelebihannya, saya lihatnya dari sisi positip aja deh..
    maksudnya..diantara blogger dofollow ada timbal balik dan terkesan ramah lingkungan...
    Oh..ya..sya sendiri udah dofollow juga tuh..
    Lam kenal dari saya neh..

    ReplyDelete
  5. @ Yopan Pribadi : salam kenal balik deh bro, emang gerakan do follow emang banyak sisi positifnya... :D

    ReplyDelete
  6. wah mantap nih artikelnya, salam kenal. terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  7. makasih mas, akhirnya aku ngerti apa maksud dari gerakan do follow itu sendiri

    ReplyDelete
  8. Ayo sukseskan do follow.. Btw, mas copas dari mana artikel ini?? Apakah di http://inicuma.blogspot.com ?? Coz aku pernah baca, hampir sama mas.. Dan kalo nggak salah, yang punya blog namanya mas oesoes...

    Terima kasih mas... Mohon maaf kalo agak menyinggung... Jaya selalu blogger Indonesia..

    ReplyDelete
  9. maaf mas kritik dikit ya....
    pada bagian ini "dan dari itu juga kenapa pernak-pernik Rank di blog saya saya hapus, itulah salah satu alasan saya kenapa saya menghapus pernak-pernik itu"
    tapi kenapa pernak-pernik rangkingnya masih ada mas tuh di bagian footer...?
    just kritik, hehehehehe

    ReplyDelete
  10. @ Oeoes : maaf bro, pernak-pernik dibawah saya pasang setelah postingan ini saya buat, dengan pertimbangan tertentu. BTW terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  11. akismet di wordpress terkenal ampuh untuk menghindarkan kita dari SPAM2 itu..
    btw sy masih kurang paham tentang do follow itu yakz hehehe

    ReplyDelete
  12. sama kaya kang ebleh diatas, saya pernah baca di blognya kang oeoes yang ini, isinya 90% sama, saran saya kang, walopun artikel ini sangat bagus untuk disebarluaskan, lebih baik lagi kalo mencantumkan sumber aslinya,

    piss ah, salam blogger

    ReplyDelete
  13. @ Ariels dan @ Ebleh : mas-mas mungkin kurang teliti sumbernya kan sudah saya pasang di atas. Thx.

    ReplyDelete
  14. @ arul : akismet memang sudah terbukti keampuhannya, seperti yang saya pasang di blog saya yang ini (http://klikiri.com)

    ReplyDelete
  15. maaf kang mungkin saya yang kurang teliti,
    terima kasih konfirmasinya ,

    ReplyDelete
  16. ya, semestinya begitu. meski banyak juga yg kasih comment yang gak nyambung, yg brarti dia gak baca tulisan kita.

    ReplyDelete
  17. ada yang mengatakan bahwa blog do follow kurangbersahaaaabat denga om google
    tapi pengujung kan juga penting ya kan ?

    terimakasih

    ReplyDelete
  18. Terima kasih sobat postingannya pencerahan bagi saya

    ReplyDelete