Pernahkah anda berfikir, metode mana yang paling menguntungkan untuk anda, organic search atau program pay-per-click?
Pertanyaan diatas hampir selalu dipertanyakan oleh mereka yang berkecimpung dalam pemanfaatan strategi internet marketing. Alasan untuk memilih biasanya program mana yang lebih cepat balik modal? serta mana yang lebih mudah manajemennya? Sebelumnya apa itu PPC? Program ini sebenarnya adalah program pemasangan iklan yang akan kita bayar ketika seseorang mengklik iklan kita. Bila kita memasangnya pada search engine, maka iklan kita akan muncul secara khusus sesuai dengan kata kunci yang kita inginkan. Kelebihan PPC ini adalah kita tidak usah pusing-pusing memikirkan teknik optimasi website, karena iklan kita pasti ditampilkan di halaman muka pencarian, serta tidak perlu menunggu waktu yang lama agar situs kita di index oleh mesin pencari. Kekurangannya adalah harga. PPC mengharuskan kita mengalokasikan uang yang kadang kala sangat cepat habis terkuras. Misalnya kita mengalokasikan Rp.100.000, dengan harga keyword kita seribu rupiah, maka hanya dalam 100 klik mouse dana kita habis. Itu mungkin hanya dalam beberapa menit bila keyword kita banyak dicari orang. Walaupun kompensasinya mungkin penjualan kita juga meningkat tajam, tapi tidak menutup kemungkinan klik tersebut hanya lewat saja tanpa ada penjualan.
Berbeda dengan organic SEO atau sering disebut natural SEO, secara umum ini adalah teknik optimasi website untuk mencapai ranking yang tinggi dalam hasil pencarian di mesin pencari secara wajar. Dalam optimasi ini kita harus tahu bagaimana cara mesin mencari membaca situs kita,
Pertanyaan diatas hampir selalu dipertanyakan oleh mereka yang berkecimpung dalam pemanfaatan strategi internet marketing. Alasan untuk memilih biasanya program mana yang lebih cepat balik modal? serta mana yang lebih mudah manajemennya? Sebelumnya apa itu PPC? Program ini sebenarnya adalah program pemasangan iklan yang akan kita bayar ketika seseorang mengklik iklan kita. Bila kita memasangnya pada search engine, maka iklan kita akan muncul secara khusus sesuai dengan kata kunci yang kita inginkan. Kelebihan PPC ini adalah kita tidak usah pusing-pusing memikirkan teknik optimasi website, karena iklan kita pasti ditampilkan di halaman muka pencarian, serta tidak perlu menunggu waktu yang lama agar situs kita di index oleh mesin pencari. Kekurangannya adalah harga. PPC mengharuskan kita mengalokasikan uang yang kadang kala sangat cepat habis terkuras. Misalnya kita mengalokasikan Rp.100.000, dengan harga keyword kita seribu rupiah, maka hanya dalam 100 klik mouse dana kita habis. Itu mungkin hanya dalam beberapa menit bila keyword kita banyak dicari orang. Walaupun kompensasinya mungkin penjualan kita juga meningkat tajam, tapi tidak menutup kemungkinan klik tersebut hanya lewat saja tanpa ada penjualan.
Berbeda dengan organic SEO atau sering disebut natural SEO, secara umum ini adalah teknik optimasi website untuk mencapai ranking yang tinggi dalam hasil pencarian di mesin pencari secara wajar. Dalam optimasi ini kita harus tahu bagaimana cara mesin mencari membaca situs kita,
sehingga kita dapat mengarahkan kontent website sesuai dengan yang akan dirawl oleh mesin. Memang kedengarannya itu mudah, anda cukup menulis yang sesuai dengan keyword. Tetapi algoritma mesin pencari adalah seberapa pentingkah situs kita? berapa situs lain yang memberikan link menuju situs kita? berapa tingkat kesesuaian dengan situs-situs tersebut? Dan perlu dipikirkan lagi berapa banyak saingan kita dalam memperebutkan posisi ranking? Keuntungan yang menjadi alasan penggunaan organic SEO adalah kita tidak perlu membayar. Selain itu dengan rajin 'menjaga' situs kita, posisi akan bertahan lama, berbeda dengan PPC yang akan hilang kalau kita kehabisan dana. Linkbisnisindo menggunakan organik SEO, dengan alasan kedua.
No comments:
Post a Comment